Programmer Jalanan


Pada tanggal 12 Oktober 2012 aku dan teman-teman ku berangkat menuju tempat Software House yang berada di daerah Jakarta Pusat
untuk pelaksanaan magang.ini adalah hari pertamaku memulai hidup baru yang lebih dewasa dan lebih real.
Namun hal itu telah musnah dalam pikiran ku, karena Bus yang aku dan teman-teman ku tumpangi terjadi kecelakaan.
Hapir Bus ini Masuk Kedalam jurang, namun aku tidak beruntung, karena ketika Bus Menabrak Pembatas Jalan Aku 
Ber ada di tepi pintu Bus di sebelah supir. Aku pun terperosok kejurang dan hanyut terbawa arus sungai. 
Entah kenapa sejak saat itu aku Tidak tahu di mana asal ku, Tapi Kata Si Mbok Kepalaku terbentur batu yang lumayan keras
 sampai aku tidak ingat apapun tentang siapa aku dulu,dan setelah terjadi kecelakaan itu aku di larikan kerumah sakit oleh si mbok.
 Namun Sebenarnya Bukan itu yang aku pikirkan sekarang , aku kasihan sama mbok yang telah menanggung biaya rumah sakit.
Tapi aku akan membalas semua kebaikan mbok yang telah menolongku. Namun di pikiran ku terasa aneh ketika aku melihat
 laptop  milik Almarhum anak si mbok yang di berikan kepada ku,ketika aku menjalankan laptop aku serasa sudah terbiasa 
memegang laptop itu. Lalu esok hari aku pergi ke pusat toko buku untuk melihat buku-buku mengenai computer.dan di situ 
aku menemukan buku yang berjudul “Menjadi Seorang Programmer” aku pun membelinya.setelah beberapa minggu 
kupelajari tentang buku itu aku pun memutuskan untuk belajar bahasa pemrogramman. Dan yang aneh nya ketika aku 
belajar bahasa pemrograman ini aku sangat paham sekali tentang itu semua.hampir setiap hari aku menghabiskan aktifitas ku 
untuk membuat dan mempelajari program.namun pada suatu ketika aku melihat dan mengamati beberapa anak jalanan 
yang sedang mengamen.setelah mereka sesesai mengamen aku pun menghampiri mereka. Dan aku berbincang-bincang dengan mereka.Setelah berbincang dengan mereka aku pun pulang dengan memikirkan cerita mereka.
 Kata anak-anak itu mereka dibuang oleh orang tuanya.Aku kasihan dengan mereka,kira-kira apa ya yang difikirkan
  orang tua mereka.hari demi hari telah ku lewati.sampai sekarang aku masih belum  menemukan siapa diriku sebenarnya.
namun itu semua tidak akan pernah membuat ku putus asa, aku tetap akan terus bangkit untuk memperoleh cita-cita ku.
kadang aku berfikir kenapa ya si mbok itu uangnya kok nggak habis-habis padahal dia nggak kerja.
namun rasa penasaran ku ini membuat aku bertanya kepada mbok kenapa si mbok bisa kaya terus 
padahal si mbok tidak kerja.setelah aku bertanya kepada simbok aku sangat kaget ternyata 
si mbok itu masiih bekerja. Dan yang membuat kukagum ternyata si mbok adalah seorang programmer.
 Si mbok memang orang nya pendiam dan tidak pernah terbuka kepada orang lain namun si mbok sangat
 ramah kepada siapapun termasuk kepada ku.tapi tiba-tiba fikiran ku memikirkan anak-anak yang malang itu.
 Bagai mana negeri ini akan maju jika generasi selanjutnya terlantar seperti mereka.hari-hari ku semakin 
lama semakin membingungkan untuk ku karena aku masih belum tau apa yang harus aku lakukan untuk 
 anak-anak jalanan itu.sekian menit aku berfikir aku pun menemukan idea yang mungkin menurut ku itu
 idea yang cemerlang. Aku pun memutuskan akan membimbing mereka dan mengajari mereka bahasa 
pemrograman.tapi aku harus ijin si mbok terlebih dahulu.setelah aku cerita mengenai anak-anak itu kepada
 si mboh aku pun di ijin kan olehnya untuk mengajari mereka bahasa pemrograman dan si mbok
 kata si mbok mereka boleh makan bersama-sama di rumah si mbok.Subhanallah hebatnya si mbok
 walaupun kaya namun tidak sombong dan tidak serakah, tidak seperti koruptor yang suka mengambil
 hak orang lain dan tidak puas dengan apa yang mereka miliki.setelah aku ijin dengan si mbok aku pun
 mengunjungi anak-anak itu.aku dan anak-anak itu pun berbincang tentang program yang akan aku dan 
si mbok lakukan dan.alhamdulillah mereka pun setuju dan mereka berhenti mengamen. 
Sepertinya mereka semua sangat bersemangat dalam mempelajari bahasa pemrograman 
dan mereka pun cepat memahami apa yang aku terangkan.namun dengan terbatasnya tempat aku 
dan mereka membangun gubuk sekolah di pinggir jalan kira-kira 50 meter dari jalan raya.
setelah pembangunan gubuk yang kami bangun sudah selesai. Hari itu juga aku dan anak-anak itu 
melangsungkan kegiatan  belajar mengajar.hari sudah mulai sore, aku pun menghentikan pembelajaran
 hari pertama ini,lalu aku pulang dengan hati yang sangat senang karena sudah membimbing seorang anak
 menjadi kan mereka menjadi lebih baik.ketika aku sampai dirumah aku pun menceritakan hari pertama aku
 mengajar kepada si mbok,dan si mbok terlihat senang sekali mendengarnya.namun si mbok menyuruh 
aku untuk mengajar anak-anak itu di rumah si mbok.tapi sebenarnya aku kasihan melihat si mbok,
 karena aku takut si mbok banya bebanya. Tapi kata si mbok jika itu untuk kebaikan tidak masalah. 
Lalu pelajaran selanjutnya aku membawa mereka ke rumah si mbok untuk belajar.hari demi hari telah 
ku lewati bersama si mbok dan mereka para anak-anak jalanan.dan pada hari ini aku mendengar kabar 
bahwa ada kopetensi pembuatan  software. Dan kopetensi ini di adakan oleh Software House Softlock 
Jakarta Pusat. Dan kompetisi ini adalah kompetisi bebas alias tidak mengenal staus namun di batasi oleh 
usia dan maksimal adalah umur 10-25 tahun. Namun aku tidak ikut melainkan anak-anak didik ku yang aku 
ikutkan. Dan Alhamdulillah anak-anak didik ku yang telah aku seleksi masuk dalam final. 
Dalam final ini anak-anak didik ku memikirkan apa yang harus di lakukan untuk membuat software
 yang lebih inovatif dalam final lomba nanti melawan 5 finalis antara lain Mahasiswa dari teknik informatika IT
B, teknik informatika ITS, teknik informatika Trisakti, teknik informatika SMK PGRI 3 Malang, 
dan juga kami anak yang tak bersetatus apapun,namaun anak-anak didik ku tetap bersemangat dan
 Optimis menang.setelah lama berfikir aku dan anak didik ku menemukan software yang akan di jadikan 
final di perlombaan nanti yaitu software  SoftMulti yang berarti software multifungsi  yang dapat digunakan
 berbagai macam fungsi.ketika hari penentuan final tiba anak didik ku memperesentasikan program yang
 telah mereka buat. Dan setelah semua finalis mempresentasikan program masih masing kini saatnya 
pengumuman pemenang. juri dalam perlombaan ini ternyata bill gates, linus torvalds dan Kevin mitnick
 wau itu benar menakjubkan. Setelah para juri berunding, dan sekarang saatnya mengumumkan 
pemenangnya.dan ternyata juri menyatakan bahwa anak-anak didik ku telah meraih juara 1 dalam 
perlombaan ini. Yeahh… aku senang sekali, lalu aku dan anak didik ku menerima tropi dan uang.
namun ketika saya selesai berfoto dengan anak didik ku dan para juri, tiba-tiba ada seseorang 
menghampiri aku dan dia berkata “Fahmi kamu masih hidup,Alhamdulillah ternyata kamu selamat”. 
Dan tak kusangka ketika mereka bercerita tentang tentang diriku dahulu, aku menyadari bahwa mereka
 adalah teman-teman ku. Namun aku tidak ingat dengan teman-teman ku sekolah yang sekarang magang 
di softlock.dan ternyata esok hari teman-teman ku sudah akan pulang ke Kota Malang usai melaksanakan
 magang selama 1 tahun.dan aku di ajak mereka pulang kembali ke Kota Malang,namun aku harus pamit 
dengan si mbok.setelah pertemuan itu aku dan anak didik ku pulang dengan rasa bahagia. Ketika sampai
 di rumah aku bercerita kepada si mbok bahwa aku telah bertemu dengan teman-teman ku sekolah di final 
lomba software.dan aku memutuskan untuk meninggalkan si mbok karena aku harus pulang ke kota ku,
walaupun itu sangat berat.dan esok harinya aku berangkat,aku takkuasa menahan tangis karena aku harus 
meninggalkan si mbok dan anak-anak didik ku, karena mereka sudah ku anggap sebagai saudaraku sendiri.
tapi aku juga punya tujuan hidup dan cita-cita. Dan aku harus meraihnya,semoga aku bisa menjadi 
programmer terhebat di dunia amin yarabbal alamin.
Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

keren banget kisah nya.. tapi lucu juga.. si mbok adalah seorang programmer..' dan tiga pioner sistem operasi ternama menjadi juri..' keren..'

Balas